0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Empati Bencana Asap, Mahasiswa di Solo Galang Dana

timlo.net/daryono

Mahasisa galang dana untuk korban bencana asap

Solo — Bencana asap di wilayah Sumatera dan Kalimantan mengundang empati warga di Solo. Sejumlah kelompok masyarakat menggalang dana sebagai bentuk empati.

“Kami menjual jajanan asli Solo. Untungnya kami sumbangkan untuk korban asap di Riau. Jadi, tidak sekedar minta sumbangan, tetapi ada yang kami berikan ke masyarakat,” kata Christina Indrawati, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) UNS, saat ditemui di Car Free Day (CFD) Jl Slamet Riyadi, Minggu (20/9).

Christina bersama beberapa kawannya menjual jajanan Solo kepada pengguna CFD. Dia juga membuat tulisan di kertas bertuliskan Peduli Asap Riau, #Melawan Asap. Tulisan itu dibawanya bersama makanan yang ia jajakan.

Aksi sosial itu, kata Cristina, baru dilakukannya dua hari ini. Ia berencana melakukan aksi sosial itu sampai akhir bulan ini. Ia juga tidak mematok target muluk-muluk untuk kegiatannya.

“Dua hari ini terkumpul lebih Rp 100.000. Tidak ada target harus dapat berapa. Bukan nilainya, tetapi gerakan sosialnya,” kata dia.

Untuk penyaluran dana yang terkumpul, Christina mengemukakan tidak menyalurkan hasil penggalangan dananya secara langsung. Ia menyumbangkan dana yang terkumpul melalui lembaga kemanusian nasional PKPU.

Hal yang sama dilakukan Ikatan Pelajar Mahasiswa Riau Surakarta (IPMRS). Mereka menggalang dana dengan target satu juta masker untuk disumbangkan.

“Kami baru hari ini menggalang dana. Uang yang terkumpul akan kami salurkan atau kami belikan masker,” kata anggota IPMRS, Hari Candra Mukti.

Selain di CFD, Hari bersama delapan teman-temannya bakal terus menggalang dana di tempat lain semisal kawasan Ngarsopuro. Aksi penggalangan dana itu tidak hanya di Solo, tetapi juga dilakukan mahasiswa dan pelajar Riau di masing-masing kota, seperti Yogyakarta.

“Untuk penyaluran sudah ada koordinatornya. Karena di Jogja juga dilakukan penggalangan dana,” beber dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge