0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kera Turun Gunung, Cari Makanan Masuk Dapur Warga

foto: Putra

Kera turun gunung

Sukoharjo – Puluhan ekor kera menyerbu pemukiman warga Desa kedungsono, Kecamatan Bulu sejak pertengahan Bulan Juli hingga sekarang. Bahkan gerombolan kera-kera ekor panjang ini masuk ke dapur dan mengambil nasi dari meja makan.

“Kalau turun bisa mencapai 20 ekor lebih, ada yang menggendong anaknya dan tidak takut sama orang. Kalau pintu rumah dibuka, sudah pada masuk mencari makanan di dalam rumah, habis diacak-acak,” kata warga Dusun Soko, Desa Kedungsono, Saiful, Sabtu (19/9).

Selain masuk ke dalam rumah, kera-kera ini juga mengambil buah-buahan di pekarangan warga dan merusak tanaman padi di sawah. Kondisi ini sangat meresahkan warga di sekitar kaki pegunungan Seribu, di Kecamatan Bulu sejak belasan tahun.

Kondisi gunung yang gersang dan tidak adanya stok makanan bagi hewan-hewan liar penghuni Gunung Seribu ini menjadi penyebabnya. Upaya penanaman pohon berbuah selalu gagal karena sebelum tumbuh besar, setiap musim kemarau sudah mati karena tidak terawat.

“Kondisi ini sudah belasan tahun sejak saya di sini, untungnya tidak sampai menyerang manusia itu saja, kalau makanan karena sudah terbiasa jadi tahu bagaimana harus menyimpannya seperti apa,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge