0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jokowi: Sail Tomini Perlu Ditindaklajuti

Presiden Jokowi (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini menghadiri puncak acara Sail Tomini 2015 di Pantai Kayu Bura, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Dalam pidatonya, Jokowi mengevaluasi dua hal.

Evaluasi pertama, Jokowi sampaikan kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya, gubernur dan bupati setempat.

“Tomini kalau dilihat teluk dan lautnya sangat indah. Tetapi Sail Tomini seperti ini perlu dimarketingi dan dipasarkan. Seharusnya bisa dipasarkan setahun atau dua tahun sebelumnya,” kata Jokowi di lokasi acara, Sabtu (19/9).

Jokowi menyampaikan, dengan pemasaran yang jauh-jauh hari, banyak orang, baik dalam maupun luar negeri tahu even akbar tahunan tentang bahari Indonesia ini.

“Promosikan ke seluruh surat kabar dan televisi, tidak hanya di dalam negeri, tapi juga mancanegara. Gunakan sosial media, sehingga sebelum hari H, ratusan juta orang sudah tahu semuanya bahwa hari ini ada Sail Tomini,” kata Jokowi yang hadir ditemani Ibu Negara Ny Iriana Joko Widodo.

Jokowi juga berharap ada tindaklanjut setelah Sail Tomini 2015 berakhir. “Entah (tindaklanjut) setiap minggu, setiap bulan. Jangan setelah ini, semua senyap,” kata Jokowi.

Untuk evaluasi kedua, Jokowi menyorot tarian pembuka acara. “Saya senang ada tari tradisi. Kostumnya bagus sekali. Tetapi kalau ada sentuhan koreografer, ada kurator, akan ada produk yang sempurna,” kata Jokowi.

Untuk menilai tarian, Jokowi sampai mendatangkan seorang seniman, Yuka Mokodompis, ke atas podium. Pemanang lomba desain batik dalam Sail Tomini 2015 itu diminta menilai kostum salah seorang penari, yang juga diundang ke atas panggung.

Puncak acara Sail Tomini 2015 juga dihadiri oleh Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Menko PMK Puan Maharani, Menteri KP Susi Pudjiastuti, dan sejumlah menteri Kabinet Kerja yang lain. Kapolri, Panglima TNI, dan sejumlah Duta Besar negara sahabat juga hadir. [war]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge