0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ivan Nestorman: Musik adalah Bahasa Universal

dok.timlo.net/heru murdhani
Solo City Jazz 2015 di Taman Balekambang (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo —  Meski telah menelorkan ratusan lagu dan beberapa album, nama Ivan Nestorman tidak terlalu akrab dengan pecinta musik Tanah Air. Maklum, lelaki asal Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini mengusung jalur lagu yang “tidak biasa” untuk mengekspresikan suasana hatinya. Dia menempuh warna musik reggae dan jazz yang dipadukan dengan unsur etnik yang kental.

Namun, di Solo City Jazz (SCJ), Jumat (18/9) malam, Ivan Nestorman membuktikan kualitas bermusiknya dihadapan publik Kota Bengawan. Mengenakan baju hitam dan berkalung selendang khas Flores, Ivan dan kawan-kawan mulai mengokupasi panggung SCJ.

“Saya nyanyi lagu jawa boleh ya. Maaf kalau bahasa Jawa saya jelek,” ungkap Ivan sesaat sebelum melantunkan tembang pertamanya berjudul Aja Usah Mlayu (Tidak Perlu Berlari).

Tepuk tangan penonton pecah saat lagu kedua dari penyanyi Reggae Bob Marley, No Woman No Cry dilantunkan sebagai tembang kedua. Berbeda karakter dengan Bob, suara Ivan terdengar lebih ringan, kemasan musiknya juga lebih Jazz dibanding lagu aslinya.

Lagu selanjutnya Condo The Bird, dan Mogi mengiringi pesta penyanyi yang kerap menggunakan bahasa Manggarai sebagai lagunya tersebut.

“Musik itu melintas bahasa, Mogi sendiri adalah bahasa Flores, artinya Nona, tapi ternyata bisa diterima dan bisa dinyanyikan bersama-sama di sini,” ungkap pria berambut gimbal ini.

Ditemui usai turun panggung Ivan mengaku senang bisa tampil di SCJ. Suasana Taman Balekambang membawa energi positif tersendiri bagi dirinya.

“Sangat senang sekali bisa tampil disini, kita tampil di panggung terbuka dengan area taman ini sangat menarik, berbeda dengan saat tampil di dalam gedung dengan desain panggung yang begitu-begitu saja,” ujar pria yang  kerap berkolaborasi dengan Glenn Fredly, Edo Kondolongit dan Dwiki Dharmawan ini.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge