0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Napi Narkoba Rutan Solo akan Direhabilitasi

dok.timlo.net/red
Rutan Kelas 1 Solo (dok.timlo.net/red)

Solo — Dalam waktu dekat ini, narapidana (Napi) kasus Narkoba akan dikirim ke pusat rehabilitasi. Bahkan, mereka juga memperoleh grasi atas usulan pihak Rumah Tahanan (Rutan) ke Badan Narkotika Nasional (BNN) atau Badan Narkotika Provinsi (BNP).

“Rencananya tahun ini, jadi mereka (Napi Narkoba —Red) tidak lagi ditahan. Mereka akan direhabilitasi atas rekomendasi dari pihak Rutan,” terang Kepala Rutan Kelas 1 Solo, R Andika, Sabtu (19/9).

Sementara bagi kurir maupun bandar tidak akan mendapatkan hak tersebut. Di Rutan Solo sendiri, terdapat 150 Napi  Narkoba. Dari jumlah tersebut, delapan orang perempuan. Mereka diletakkan di sel terpisah dengan para pelaku kasus pidana dengan pengawasan cukup ketat.

“Untuk Napi Narkoba kami letakkan di Blok D terpisah dengan Napi ataupun tahanan kasus pidana,” ujar Andika.

Disinggung terkait narapidana dari Rutan Solo yang diajukan untuk direhabilitasi, Andika mengaku telah ada enam orang yang disiapkan. Mereka merupakan para pengguna Narkoba dan membutuhkan rehabilitasi yang tepat dibanding menjalani masa tahanan.

“Jika enam orang yang kami kirim nantinya disetujui, kami akan mengirimkan lagi 20 narapidana kasus Narkoba. Tujuannya supaya mereka cepat kembali kemayarakat dan mengatasi overload penghuni di Rutan Solo,” terang Andika.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge