0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bapermas Dampingi Pelajar SMP Pelaku Curanmor

Petugas menunjukkan barang bukti motor yang dicuri komplotan pencuri yang masih anak-anak (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Bapermas PP PA dan KB) Kota Solo akan memberikan pendampingan bagi pelajar SMP yang terlibat kasus pencurian kendaraan bermotor (Curanmor). Hal itu diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Anak Bapermas PP PA dan KB), Supraptiningsih, Jumat (18/9).

“Keluarga maupun anak itu sendiri akan kami beri pendampingan dan juga konsultasi dalam menghadapi kasus ini,” ungkapnya.

Dirinya mengaku prihatin dengan kasus yang melibatkan pelajar tersebut. Pihaknya akan berkoordinasi dengan unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polresta Solo untuk penanganan kasus ini.

Supraptiningsih juga mengatakan memberikan apresiasi terhadap pihak kepolisian dalam menangani anak yang berhadapan dengan hukum (ABH). Hal ini sesuai tata cara penanganan anak sebagaimana diatur dalam Undang Undang (UU) Perlindungan Anak sampai ada putusan Pengadilan.

“Penanganannya sudah bagus, artinya anak tidak ditahan, melainkan dikenakan wajib lapor. Pendampingan ini kami rasa perlu dilakukan untuk mengubah anak-anak ini menjadi pribadi yang lebih baik,” katanya.

Ia mengatakan, kasus-kasus seperti ini sangat multi dimensional. Tidak bisa hanya menyalahkan si anak saja, melainkan faktor kelalaian orang tua dan lingkungan pendidikan anak juga menjadi perhatian khusus. Kedepannya Bapermas PP PA dan KB telah menyusun program keluarga ramah anak.  Ia mengatakan program keluarga ramah anak diluncurkan untuk memenuhi hak-hak anak di setiap keluarga. Program tersebut akan mulai dilaksanakan pada 2016 mendatang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge