0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BPN : Pendaftaran Perubahan Nama Hanya Rp 50 Ribu

timlo.net/setyo pujis

Kantor BPN Solo

Solo – Badan Pertanahan Nasional (BPN) kota Solo menegaskan tidak ada biaya percepatan dalam pengurusan sertifikat tanah. Hal itu disampaikan untuk menanggapi keluhan dari pihak pengembang perumahan, yang merasa keberatan terkait mahalnya biaya yang dikeluarkan dalam pengurusan sertifikat tanah dengan Notaris.

“Kalau di BPN sendiri kita tidak ada regulasi mengenai biaya percepatan. Semua pelayanan yang kita berikan sama,” ujar Kepala BPN Solo, Sriyono saat ditemui Timlo.net, Jumat (18/9).

Dirinya mengatakan, untuk standar pelayanan dan pengaturan pertanahan yang menjadi acuan kerja BPN semua diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 13 tahun 2010. Dimana dalam aturan tersebut tidak ada yang namanya biaya percepatan seperti yang dikeluhkan pihak pengembang perumahan.

“Dan untuk cek serifikat itu biayanya hanya Rp 50 Ribu, Roya Rp 50 Ribu dan pendaftaran perubahan nama juga Rp 50 Ribu. Sedangkan untuk prosesnya hanya sekitar 7 jam tidak sampai sehari apalagi tahunan,” jelasnya.

Terkait penggelembungan biaya seperti yang dikeluhkan pihak pengembang tersebut, menurutnya sangat mungkin terjadi. Apalagi jika selama ini mereka menggunakan jasa pihak ketiga dalam melakukan pengurusannya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge