0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ganti Anggota Alkap DPRD, Fraksi PDIP Dihujani Interupsi

timlo.net/agung widodo

Sidang Paripurna DPRD Sragen

Sragen – Hujan interupsi mewarnai Rapat Paripurna DPRD Sragen dengan agenda laporan komisi tentang RAPBD Perubahan 2015, Jumat (18/9). Interupsi terjadi setelah Fraksi PDIP mengumumkan pergeseran anggota fraksi pada Alat Kelengkapan (Alkap) Badan Anggaran (Banggar) dan Badan Musyawarah (Bamus).

“Kami menilai pergeseran tersebut melanggar tatib DPRD yang tertuang dalam Peraturan DPRD Nomor 1 tahun 2014 tentang Tatib DPRD Sragen. Memang pergeseran adalah hak mutlak fraksi, tapi tetap harus dilakukan sesuai prosedur,” kata Anggota Fraksi Partai Golkar (FPG) Muhammad Haris.

Menurut Haris, dalam tatib DPRD pasal 61 dijelaskan, penempatan anggota DPRD dalam Banggar dan perpindahannya ke Alkap DPRD lain didasarkan atas usul fraksi dan dapat dilakukan setiap awal tahun anggaran. Kalau merujuk pada tatib tersebut, maka pergeseran anggota fraksi dalam Alkap, paling cepat dilakukan setelah Pilbup mendatang.

Senada dikatakan Anggota Fraksi PKB, Faturahman yang menilai pergeseran anggota fraksi dalam Alkap tidak bisa dilakukan sewaktu-waktu sesuai keinginan fraksi. Pergeseran harus dilakukan sesuai prosedur dan aturan yang tertuang dalam tatib.

Dari pantauan di sidang paripurna, setidaknya ada lima anggota dewan bergantian melakukan interupsi memprotes pergeseran anggota Fraksi PDIP tersebut. Pergeseran yang mendadak ini dinilai bernuansa politis dan terkait dengan situasi politik menjelang Pilkada.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge