0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Tindakan Indonesia-Malaysia Hadapi Kabut Asap

dok.merdeka.com

Ahmad Zahid Hamidi

Timlo.net – Kabut asap akibat kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan menjadi permasalahan serius antara Indonesia dan negara sekitar. Indonesia dan Malaysia sudah menyiapkan rencana jangka panjang untuk mengatasi pembakaran hutan.

“Kita bicarakan juga jerebu (kabut asap). Langkah-langkah yang akan diambil pemerintah Indonesia untuk mengatasi secara long term planning. Ada beberapa pendetilan yang akan dibuat oleh menteri-menteri yang bertanggung jawab dalam soal itu,” kata Wakil Perdana Menteri Malaysia, Ahmad Zahid Hamidi, Jumat (18/9).

Ahmad meyakini komitmen pemerintah mengatasi isu kebakaran hutan. Sejauh ini komunikasi dengan pemerintah RI berjalan lancar.

“Chemistry dengan pak Luhut baik. Saya pikir permasalahan-permasalahan yang belum terungkai dapat terselesaikan dengan adanya hubungan yang baik ini,” cetusnya.

Dalam kesempatan terpisah Luhut berjanji menindak tegas para pelaku pembakaran lahan dan hutan yang mengakibatkan timbulnya kabut asap di sejumlah wilayah Indonesia. Menkopolhukam menyebut korban paling pertama kabut asap adalah rakyat Indonesia.

“Kita harus ambil strong action, pemerintah Malaysia tadi juga saya informasikan pada beliau, Indonesia sedang akan mengambil tindakan keras dan sedang dalam proses memberikan tindakan hukum kepada orang yang berniat membakar,” tegasnya.

[ard]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge