0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kenapa Insomnia Lebih Umum Terjadi Pada Wanita?

Dok: Timlo.net/ Daily Mail.
Tidur. (Dok: Timlo.net/ Daily Mail.)

Timlo.net—Insomnia pada orang dewasa sebagian disebabkan karena faktor genetis. Menurut sebuah penelitian terhadap para kembar, heritabilitas ini lebih tinggi pada wanita dibandingkan pada laki-laki.

Perkiraan heritabilitas insomnia adalah 59 persen pada wanita dan 38 persen pada pria. “Penelitian ini mengindikasikan jika gen memegang peran yang lebih besar dalam pengembangan gejala-gejala insomnia pada wanita dibandingkan pria, memberikan bukti formal pertama pada perbedaan seks dalam sampel dewasa,” kata pemimpin penelitian Mackenzie Lind, seorang kandidat doktor di Virginia Commonwealth University di Richmond, Amerika Serikat (AS).

“Karena bukti perbedaan seks, mungkin berguna untuk secara spesifik mentarget para wanita untuk masalah gangguan tidur,” tambah Lind.

Insomnia merupakan sesuatu yang umum terjadi pada wanita dibandingkan pria dan biasanya membuat para penderitanya susah tidur atau tertidur lebih lama. Mereka juga kadang-kadang bangun di waktu yang tidak mereka harapkan.

Tim peneliti menganalisa data dari the Virginia Adult Twin Studies of Psychiatric and Substance Use Disorders. Penelitian ini diikuti oleh 7.500 peserta. Penelitian itu diterbitkan dalam jurnal Sleep.

Sumber: Times of India.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge