0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Stok Darah PMI Boyolali Normal Kembali

Donor darah (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Setelah sempat mengalami krisis darah, akibat tingginya permintaan, stok darah di PMI Boyolali mulai normal. Untuk meningkatkan pasokan darah, PMI bekerjasama dengan berbagai elemen untuk donor darah.

“Kita juga menjalin kerjasama dengan PMI daerah lain, untuk menjaga jangan sampai stok darah habis,” ungkap Staf Bagian Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Cabang Boyolali, Wahyu Budi Setiawan, Jumat (19/9).

Dijelaskan, stok darah bulan Agustus 2015, PMI Boyolali sempat mengalami krisis darah, sehingga permintaan darah banyak yang tidak terpenuhi. Diakui, permintaan darah di PMI Boyolali cukup tinggi, mencapai 1000 kantong setiap bulannya. Dalam satu bulan, PMI paling tidak harus menyiapkan 1.200 kantong darah.

“Kalau dihitung rata-rata, setiap hari ada 30-35 pasien ang membutuhkan darah dari kami,” tambahnya.

Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan darah, PMI terus mencari pendonor-pendonor baru atau kumpulan masyarakat yang belum melaksanakan donor darah secara rutin agar bisa bergabung. Selain itu, kerja sama dengan sekolah-sekolah yang mengadakan donor darah setiap tiga bulan sekali.

“Kita juga sudah MoU dengan pihak AURI untuk melakukan donor darah tiap tiga bulan sekali,” imbuhnya.

Sementara stok darah yang ada di PMI Boyolali sekarang berjumlah 369 kantong. Terdiri dari, golongan darah A sebanyak 102 kantong, darah B dan O sebanyak 129 kantong dan darah AB sebanyak 9 kantong.

“Insya Alloh mampu mencukupi kebutuhan darah di Boyolali,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge