0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bahas Kabut Asap, Wakil PM Malaysia Temui Luhut Panjaitan

dok.merdeka.com

Ahmad Zahid Hamidi

Timlo.net – Wakil Perdana Menteri Malaysia, Ahmad Zahid Hamidi, bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan. Mereka membicarakan masalah kabut asap dan kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan.

“Banyak hal yang dibahas seperti, soal asap, ekonomi, perbatasan, masalah fir (flight information region), masalah pajak range of fir. Kami akan membangun terus kerjasama lebih dekat lagi,” kata Luhut, Jumat (18/9).

Soal kabut asap yang terjadi di Kalimantan dan Sumatera tersebut, Luhut mengungkapkan kepada Wakil Perdana Menteri Malaysia bahwa rakyat Indonesia khususnya di Riau sangat menderita akibat kabut asap tersebut.

“Saya katakan pada beliau bahwa yang jadi korban paling pertama adalah rakyat Indonesia. Tingkat pencemarannya sudah sampai seribu, beliau katakan Malayaia baru 120, jadi kita yang pertama jadi korban. Korbannya disana baru sepersepuluh korban yang ada di Indonesia,” ucap Luhut.

Lebih jauh Luhut menegaskan akan menindak tegas bagi para pelaku pembakaran lahan dan hutan yang mengakibatkan timbulnya kabut asap di sejumlah wilayah Indonesia.

“Kita harus ambil strong action, pemerintah Malaysia tadi juga saya informasikan pada beliau, Indonesia sedang akan mengambil tindakan keras dan sedang dalam proses memberikan tindakan hukum kepada orang yang berniat membakar,” tegasnya.

Selain masalah kabut asap, Luhut juga mrmbicarakan soal perbatasan antar wilayah Indoesia dan Malaysia.

“Akan kami bicarakan dengan baik-baik dengan spirit (semangat) yang ada,” tegas dia.

[ard]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge