0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasang APK di Pohon, KPU Solo Dinilai Langgar Aturan

Alat peraga kampanye dipasang di pohon (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Pemasangan sejumlah alat peraga kampanye (APK) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo dinilai tidak sesuai aturan. Di sisi lain, KPU menemui kendala dalam pemasangan APK lantaran terbatasnya ruang terbuka.

“Pemasangan APK di tiang listrik, di dekat pasar, sekolah. Itu kan tidak sesuai dengan Perwali (peraturan walikota). Padahal KPU yang menyelenggaran bimtek (Bintek) sendiri. Kok malah dilanggar,” kata Petugas Pengawas Lapangan (PPL) Kampung Sewu, Agung Nugroho, Kamis (17/9).

Agung menambahkan, PPL sudah banyak memberikan laporan ke pengawas setingkat di atasnya. Namun, laporan tersebut jarang ditindaklanjuti.

Sementara, Ketua KPU Solo, Agus Sulistyo mengatakan pihaknya tengah melakukan evaluasi pemasangan APK. Dalam pemasangan APK, Agus mengaku mengalami kendala terbatasnya ruang terbuka di Solo.

“Untuk Kota Solo dalam pemasangan APK ingin kita pasang di utara UMS. Tetapi ternyata itu sawah jadi nggak efektif. Itu yang dari tim tidak diinginkan. Oleh karena itu kita cari tempat yang strategis,” ujarnya.

Adapun terkait tempat pemasangan APK yang dipasang tidak pas, Agus mengungkapkan pemasangan APK dilakukan oleh pihak ketiga. Meskipun tanggung jawab pemasangannya ada di KPU.

“Akan kita perbaiki. Beberapa tempat sudah dilakukan perbaikan. Dua hari ini kita sudah bertemu pihak ketiga dan kita rekomendasikan untuk dirubah,” kata dia.

Agus menghargai pengawasan oleh PPL. Namun, jika ada tempat pemasangan APK yang lebih bagus dan strategis, Agus berharap PPL bisa mengarahkan. Hal itu mengingat terbatasnya ruang terbuka yang ada.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge