0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemarau, 829 Hektar Hutan Terbakar

merdeka.com

Kebakaran hutan

Timlo.net — Sebanyak 829 hektare kawasan hutan konservasi di Jawa Barat terbakar pada 2015 ini. Penyebab kebakaran sendiri disebabkan cuaca ekstrem yang melanda hampir diseluruh wilayah di Jabar.

Kepala Dinas Perhutanan Jawa Barat Budi Susatijo mengatakan, jumlah tersebut merupakan laporan sementara yang didapat hingga 15 September 2015. Adapun Kebakaran hutan paling parah terjadi di kawasan Cikepuh seluas 334,7 hektar.

“Berdasarkan laporan, di Cikepuh yang terbakar ini sebanyak 334,7 hektar,” kata Budi saat Kamis (17/9).

Kebakaran bahkan dalam 2015 ini terjadi sebanyak 37 kali. Selain Cikepuh, Dishut Jabar mencatat kawasan Kamojang dan Gunung Guntur juga mengalami hal serupa di mana sebanyak 138,9 hektarnya dilumat api. Lainnya di Gunung Papandayan 328,5 hektar, Gunung Burangrang seluas 8 hektar, Kareumbi seluas 10,5 hektar serta kawasan Bojong Larang Jayanti seluas 8,5 hektar.

“Intensitas kebakarannya sendiri berbeda-beda setiap kawasan tersebut,” jelasnya.

Dia melanjutkan, cuaca panas yang berkepanjangan menyebabkan adanya gesekan ranting atau dahan-dahan kering sehingga potensi terjadinya kebakaran sangat besar.

Saat disinggung adanya ulah manusia, dia menyebut itu sangat kecil. Menurutnya kawasan lokasi kebakaran sulit dijangkau oleh masyarakat.

“Umumnya lokasi yang terbakar itu sangat jauh dan sulit dijangkau. Itu pun berdasarkan hasil investigasi oleh BBKSDA Jabar,” ujarnya.

[eko]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge