0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ekonomi Lesu, Load Factor Transportasi Turun 50 Persen

timlo.net/setyo pujis

Eka Sari Lorena

Solo – Melemahnya pertumbuhan ekonomi nasional yang terjadi akibat dampak global ikut memukul sektor bisnis transportasi di dalam negeri. Bahkan jika dibandingkan tahun sebelumnya, market transportasi turun secara drastis.

“Kalau kita melihat perkembanganya, dari Oktober 2014 sampai dengan saat ini market transportasi turun sekitar 30 persen,” ujar Komite Kebijakan Publik Kementrian Perhubungan dan juga sekaligus mantan ketua Organda, Eka Sari Lorena kepada wartawan, Kamis (18/9).

Dirinya mengatakan, penurunan market tersebut bisa dilihat dari minimnya load factor atau tingkat keterisian penumpang yang terjadi pada semua armada saat ini. Baik darat maupun udara.

“Rata-rata untuk load factor transportasi kita saat ini dikisaran 50-60 persen. Ditambah dengan buruknya infrastruktur jalan kita saat ini justru memperparah kondisi dari para pelaku usaha di dalamnya,” jelasnya.

Untuk menyikapi kondisi tersebut, menurutnya, tak sedikit para pelaku usaha transportasi yang melakukan efisiensi agar tidak merugi. Salah satunya adalah dengan cara mengurangi jumlah armada mereka untuk beroperasi.

“Karena itu, kita berharap di semester kedua ini kondisi ekonomi kita akan jauh lebih baik. Seiring dengan pencairan dana APBD maupun APBN yang saat ini masih terbilang relatif minim,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge