0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Giliran Bukit Cakaran dan Bukit Jabalkat Dilahap si Jago Merah

timlo.net/aditya wijaya

Lahan Jabalkat terbakar

Klaten – Lahan Perhutani di Bukit Jabalkat, Desa Paseban, Kecamatan Bayat mengalami kebakaran, Kamis (17/9) siang. Namun demikian, si jago merah berhasil dijinakkan.

“Kami menerima laporan dari warga sekitar pukul 11.00 WIB. Tapi sekitar pukul 15.00 WIB, api berhasil padam,” kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Klaten, Eko Pambudi, Kamis (17/9) petang.

Dalam pemadaman itu, pihaknya mengerahkan dua mobil pemadam kebakaran. Tapi karena akses jalan sulit dilalui, warga bersama relawan memadamkannya dengan alat seadanya.

“Yang terbakar adalah semak-semak dan daun jati yang kering di dua sampai tiga hektar lahan. Untung tidak merembet ke pohon. Pasalnya material di sekitar lokasi kering dan mudah terbakar,” imbuh Eko.

BPBD Klaten mengimbau warga agar tidak membakar sampah dan membuang puntung rokok sembarangan. Sebabnya, lahan milik Perhutani Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Cawas tersebut berdekatan dengan Makam Sunan Pandanaran dan Gua Maria Marganingsih yang merupakan kawasan religi. Maka jangan sampai ada api sekecil apapun.

“Penyebab api belum diketahui. Tapi selama saya bertugas di BPBD, ini tahun kedua Jabalkat kebakaran saat musim kemarau. Sedangkan malam Selasa (Senin, 7/9) Kliwon lalu, kebakaran juga menimpa lahan di bukit Cakaran dekat Makam Syech Domba. Tapi langsung bisa dipadamkan warga setempat,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge