0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Kurban, Stok Sapi Potong Jateng Surplus

timlo.net/nanin

Stok sapi potong di Jawa Tengah surplus

Boyolali — Stok sapi potong di Jawa Tengah menjelang lebaran kurban dipastikan surplus hingga 10 ribu ekor. Sedangkan harga mengalami kenaikan antara Rp 2 juta hingga Rp 3 juta rupiah perekornya.

“Harga mengalami kenaikan, ini karena permintaan tinggi dan daya beli masyarakat juga tinggi,” ungkap Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jateng, Agus Wariyanto, ditemui saat meninjau kontes sapi di Desa Keyongan, Nogosari, Kamis (17/9).

Dijelaskan, meski permintaan sapi potong untuk kurban mengalami peningkatan, namun hal itu tidak akan menguras habis stok sapi potong di Jateng. Untuk hewan kurban, selain sapi potong, stok kambing sekitar 5 ribu ekor, dan domba sekitar 26 ribu ekor.

“Stok masih aman dan pasokan stabil,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Boyolali, Bambang Jiyanto, untuk stok sapi di Boyolali juga aman bahkan surplus dari kebutuhan. Populasi sapi potong di Boyolali rata-rata stabil dikisaran 80 ribu ekor.

Senada juga diungkapkan Ketua Aspin, Suparno, populasi sapi, khususnya sapi potong di Boyolali mengalami peningkatan. Untuk Aspin sendiri saat ini ada 800-an anggota dan rata-rata peternak memiliki ternak 3 hingga 50-an ekor. Diakui Suparno, Aspin selama ini ikut menyumbang pasokan sapi ke luar daerah. Seperti Jakarta, Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Kita siap memenuhi pasokan sapi potong skala Jawa Tengah dan Nasional,” ungkapnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge