0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

HUT PMI ke-70 Diperingati di SMPN 1 Solo

Pelajar SMPN 1 Solo mengamati pameran alat siaga bencana PMI di lorong sekolah (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Solo menggelar upacara puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PMI ke-70 yang jatuh pada Kamis (17/9). Peringatan yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Solo tersebut diwarnai dengan berbagai kegiatan, di antaranya  pameran peralatan tanggap bencana, penyerahan piala bagi unit Palang Merah Remaja (PMR) berprestasi, dan simulasi penanggulangan bencana.

“Tema untuk tahun ini adalah Mengabdi Untuk Kemanusiaan dan Kemerdekaan. Tema ini untuk mengingatkan kita semua bahwa PMI merupakan bagian tak terpisahkan dari Republik Indonesia, sejak masa pra kemerdekaan hingga sekarang,” ungkap Pejabat Humas PMI Cabang Solo Riki Mirzam.

Dijelaskan, selain tema nasional tersebut, PMI Cabang Solo juga memiliki tema khusus yakni “Berkontribusi dalam pendidikan karakter di Kota Solo”. Dengan pendidikan karakter ini, PMI terus mengembangkan diri untuk membentu pribadi yang tangguh, berbelaskasih, dan bertanggung jawab.

“Usia PMI yang semakin matang ini dibarengi dengan pelayanannya yang semakin berkembang. Jika dulu PMI hanya dikenal dengan donor darah, sekarang PMI melakukan pendidikan dan pelatihan bagi para pelajar, selain untuk membekali mereka dengan materi pertolongan pertama, juga untuk menumbuhkan jiwa kemanusiaan diantara mereka,” katanya.

Ke depannya, kata Riki, PMI Solo menargetkan adanya unit-unit PMR dan KSR baru di Kota Bengawan. Unit PMR ini akan diberikan pendidikan dan pelatihan kebencanaan.

Upacara tersebut diikuti sekitar 700 orang, yang terdiri dari PMR Mula untuk tingkatan SD, PMR Madya untuk tingkat SMP, PMR Wira untuk tingkat SMA, Korp Sukarela (KSR), dan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) dari Kelurahan Sewu, Kelurahan Semanggi dan Kelurahan Sangkrah. Dalam agenda tersebut diberikan juga piala bagi unit dan perorangan anggota PMR yang berprestasi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge