0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mendekati Idul Adha, Harga Sapi Naik Rp 2 Juta

dok.timlo.net/aditya wijaya
Padar Hewan Prambanan, Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)
Klaten — Sejak sebulan terakhir, transaksi jual beli sapi di Pasar Hewan Prambanan, Klaten meningkat 15 hingga 20 persen dibanding hari biasa. Pasar yang buka setiap Pahing dan Pon dalam sistem penanggalan Jawa ini menghasilkan transaksi hingga 70 ekor sapi.

“Saat pasaran biasa hanya terjual 30 sampai 40 ekor sapi. Menjelang Idul Adha bisa mencapai 60 hingga 70 ekor,” ungkap Lurah Pasar Hewan Prambanan, Joko Sarjono, Rabu (16/9).

Seperti biasa, menurutnya, menjelang hari raya Kurban harga hewan terutama sapi naik Rp 2 juta per ekornya. Umumnya masyarakat fanatik membeli sapi lokal warna putih identik hari Kurban.

Sementara itu, salah seorang blantik sapi, Triyono (41) mengaku, berkeliling dari Pasar Gamping, Muntilan hingga Wonosari untuk memenuhi pesanan 15 ekor sapi kurban. Menurutnya, harga yang pantas untuk seekor sapi adalah Rp 17,5 juta.

“Memang dibanding tahun lalu ada kenaikan Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta per ekornya. Di sini saya mencari dua ekor sapi untuk kurban warga Tegal dan Pekalongan dengan harga Rp 18,5 juta,” kata Warga Desa Maguwo, Kecamatan Depok, Sleman yang telah bergelut dengan sapi sejak tahun 1985 ini.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge