0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Transaksi Pasar Sapi Prambanan Masih Lesu

timlo.net/aditya wijaya

Aktivitas Pasar Hewan Prambanan, Klaten

Klaten — Ratusan sapi dari berbagai jenis dan usia memadati Pasar Hewan Prambanan, Klaten, Rabu (16/9). Kendati demikian, keramaian transaksi sapi pada pasaran Pon (kalender Jawa) ini menurun dibanding tahun lalu.

“Pasar buka setiap Pahing dan Pon. Menjelang Idul Adha seperti ini malah ramai tahun lalu mas. Mau jalan saja sulit karena berdesak-desakan,” kata Lurah Pasar Hewan Prambanan, Joko Sarjono, Rabu (16/9).

Menurutnya, mahalnya harga sapi kurban yang mencapai kisaran Rp 16 juta hingga Rp 20 juta berdampak pada surutnya daya beli konsumen. Namun, transaksi mengalami peningkatan 15 persen dari pasaran hari biasa yang mencapai penjualan 30 hingga 40 ekor sapi.

Hal serupa juga disampaikan Petugas Teknis Peternakan Dispertan Kecamatan Prambanan, Margito. Pembeli memilih terjun langsung ke desa-desa peternak, tanpa bertransaksi di pasar hewan.

“Sejak tiga tahun terakhir sedang ngetrend pembeli datang langsung ke peternak. Beli sebulan sebelum Idul Adha sekaligus minta dipelihara. Baru ketika menginjak hari H, diambil untuk kurban,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge