0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cuaca Ekstrim, Waspadai Penyakit Pada Hewan Kurban

timlo.net/nanin

Ternak sapi rawan penyakit demam

Boyolali — Masyarakat dihimbau untuk lebih selektif dalam memilih hewan kurban. Karena kondisi cuaca ekstrim belakangan ini yang membuat hewan kurban terkena penyakit pada sistim saluran pernapasan.

“Biasanya sapi yang sering terkena demam tiga hari, pengobatanya cukup diberi vitamin,” ungkap Kasi Kesehatan Masyarakat dan Veteriner (Kesmavet) Disnakkan Boyolali, Drh Hendro Kurnianto, Rabu (16/9).

Dijelaskan, meski penyakit demam yang melanda sapi tidak berbahaya, namun bila dalam kondisi sakit, tidak boleh disembelih. Sementara untuk hewan kambing, cuaca yang dingin dan kering ini, penyakit yang harus diwaspadai adalah mata merah atau belek. Untuk pengobatan, cukup diberi salep antiseptik.

“Kalau yang sakitnya parah, sudah diobati tidak sembuh, maka dilarang disembelih. Hanya hewan kurban yang sehat yang boleh disembelih,” tambahnya.

Pihaknya juga akan menerjunkan petugas untuk melakukan pemantauan selama pelaksanaan penyembelihan. Hal ini terkait dengan tata cara penyembelihan dan proses pemotongan daging. Dimana lokasi dan alas harus hiegienis dan tidak boleh dilakukan langsung ditanah tanpa alas.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge