0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Panwaslu Waspadai Kampanye Terselubung Saat Idul Adha

Pilkada serentak (dok.timlo.net/gg)

Solo – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Solo bakal memantau pembagian hewan kurban oleh tim kampanye atau pasangan calon walikota dan calon wakil walikota pada Hari Raya Idul Adha, 24 September 2015. Pasalnya, di Hari Raya Idul Adha 24 September, kampanye diliburkan.

“Tidak dilarang paslon memberikan sumbangan hewan kurban pada masyarakat. Namun karena itu (24 September) hari besar dan merupakan hari libur kampanye, maka paslon dilarang untuk berkampanye,” kata Divisi SDM dan Kelembagaan Panwaslu Solo, Asmuni, kepada wartawan, Rabu (16/9).

Menurut Asmuni, tidak masalah jika paslon membagikan hewan kurban. Namun, pembagian hewan kurban pada 24 September dilarang disisipi kampanye semisal penyampaian visi misi, nomor urut, mengenalkan diri, atau ajakan memilih.

Jika diketemukan pelanggaran kampanye, Panwaslu akan memberikan sanksi administrasi berupa teguran. Diakuinya, sanksi yang bakal diterapkan hanya sanksi sosial, tidak sampai pada pembatalan paslon.

Asmuni menambahkan, Panwaslu masih akan meminta informasi dari lebih lanjut dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) apakah libur kampanye hanya pada Kamis (24/9) atau juga Rabu (23/9). Hal itu berkaitan putusan Muhammadiyah yang menetapkan Idul Adha pada 23 September.

“Jika libur kampanye berlangsung dua hari maka Panwaslu akan terus melakukan pangawasan terhadap upaya kampanye terselubung yang coba dilakukan tim kampanye maupun pasangan calon,” jelas dia.

 

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge