0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sambi Mampu Produksi 1.284 Ton Kedelai

timlo.net/nanin

Panen kedelai di Sambi

Boyolali – Panen raya kedelai tahun ini di wilayah Kecamatan Sambi, Boyolali sangat memuaskan. Dari luas lahan 535 hektar, menghasilkan kedelai 1.284 ton. Luasan lahan kedelai ini tersebar di 12 desa, dan paling luas berada di Desa Tempursari, yakni seluas 120 hektar.

“Tahun ini panen raya tergolong bagus, salah satu faktornya minim hama,” ungkap Kasubag UPT Pertanian Kecamatan Sambi, Marsini, Rabu (16/9).

Dijelaskan, dari luasan 535 hektar, rata-rata hasil panen 2,4 ton per hektar. Hasil panen tersebut terbilang bagus, mengingat kategori hasil panen jelek yakni di bawah 1 ton per hektar, kemudian hasil panen sangat bagus yakni di atas 3 ton per hektar.

“Kalau musim panen kali ini air melimpah, kemungkinan panen lebih bagus lagi,” tambahnya.

Salah satu petani, Lagiyo (50), petani warga Tempursari, mengunkapkan selain panen bagus, harga kedelai juga sedang bagus. Untuk harga kedelai dari petani saat ini sekitar Rp 50 ribu per bojok, atau rata-rata Rp 7.500-8.000 per kilogram. Harga kedelai masih dimungkinkan akan lebih tinggi lagi.

Sementara itu, panen raya yang dipusatkan di Desa Tawengan, hadir dalam kegiatan panen raya tersebut di antaranya Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Dispertanbunhut) Boyolali, Bambang Purwadi dan Dandim Letkol Kav Topri Daeng Balaw, serta jajaran Muspika setempat dan kelompok tani.

Komandan Kodim 0724 Boyolali, Topri Daeng Balaw menegaskan jajarannya ikut membantu mendorong peningkatan produksi pertanian daerah. Langkah ini sebagai bentuk dukungan dalam rangka menyukseskan swasembada pangan nasional.

“Kita siap membantu petanu mengembangkan potensi pertanian di setiap wilayah,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge