0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tanggul Waduk Lalung yang Ambles Mulai Diperbaiki

dok.timlo.net/nanang rahadian
Perbaikan Waduk Lalung (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Tanggul Waduk Lalung sisi utara yang ambles, sejak Januari lalu, kini mulai diperbaiki. Sebuah alat berat didatangkan untuk melakukan pengerukan terhadap bagian tanggul yang ambles.

“Sejak awal Januari lalu, tanggul ini memang ambles. Puncaknya, pada bulan Maret lalu, dimana curah hujan uang cukup tinggi menyebabkan tanah semakin ambles. Dan ini cukup membahayakan,” kata pengelola Waduk Lalung, Rukimin, Rabu (16/9).

Rakimin mengatakan tanggul tersebut ambles sejak Januari 2015 lalu sepanjang  23  meter dan lebar 8 meter. Tanah tanggul tersebut ambles hingga kedalaman 5 meter. Dijelaskannya, selain melakukan penguatan terhadap tanggul, pihaknya juga akan melakukan test laboratorium terhadap tanah yang digunakan untuk membuat tanggul.

“Dari hasil tes laboratorium kita bisa mengetahui penyebab amblesnya tanggul. Selanjutnya kita bisa ambil langkah-langkah antisipasi maupun perbaikannya,” kata Rakimin.

Terpisah, Kasi Pelestarian Sumber Air, Operasi dan Pemeliharaan DPU Karanganyar, Widodo, mengatakan tanggul sisi utara Waduk Lalung mengalami longsor saat musim penghujan 2015 lalu. Untuk mengantisipasi terjadinya tanggul jebol, aliran air menuju waduk tersebut dibatasi.

“Kita batasi volume air Waduk Lalung. hanya 1,5 juta meter kubik. Padahal pada musim penghujan kapasitas tampung waduk mencapai 4 juta meter kubik. Tapi ini untuk keamanan bersama,” kata Widodo.

Menurut Widodo, bagian tanggul yang longsor harus segera dipulihkan dan diperkuat. “Saat ini baru dilakukan penguatan darurat di bagian tanggul yang ambles tersebut,” ujarnya.

Ditambahkannya,Waduk Lalung merupakan satu dari dua waduk yang ada di Bumi Intanpari. Aliran Waduk Lalu melintasi lahan pertanian di Kecamatan Jaten dan Tasikmadu. Air Waduk Lalung juga dinikmati sebagian petani di Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge