0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ribuan Tenaga Kerja Wonogiri Dididik di BLK

dok.timlo.net/tarmuji
Kepala BLK Ngadirojo meninjau ruang praktek teknisi komputer (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Ada sekitar 1000 tenaga kerja binaan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Ngadirojo yang berada di bawah naungan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Wonogiri siap bersaing di dunia kerja. Bahkan perusahaan-perusahaan yang ada di Wonogiri dan sekitarnya pun sudah menggunakan tenaga kerja hasil bimbingan BLK.

“Siswa didik BLK,kita bekali dengan pelatihan berbasis kompetensi dan basis masyarakat, jadi jelas untuk kompetensi langsung disalurkan ke perusahaan sedang basis masyarakat menciptakan wirausaha baru,” ungkap Kepala UPT BLK Disnakertrans Ngadirojo, Anoer Sambodo, di sela-sela penutupan pelatihan kerja Mobil Training Unit (MTU) di Aula BLK Ngadirojo, Selasa (15/9).

Menurutnya, penutupan pelatihan kerja kali ini merupakan pelatihan tahap ke dua. Sedang MTU sendiri diselenggarakan di daerah-daerah. Di antaranya di Desa Sindukerto, Kecamatan Eromoko yakni pelatihan prosesing atau pengolahan makanan tanaman pangan dan di Desa Sumberagung, Kecamatan Eromoko. Kemudian disusul di Kelurahan Puloharjo pelatihan mebeler, lalu Desa Minggarjo pelatihan komputer, kemudian pelatihan las Karbit di Desa Lebak, Kecamatan Pracimantoro, selanjutnya pelatihan mekanik sepeda motor di Desa/Kecamatan Pracimantoro. Lalu di Desa Pulutan Wetan, Kecamatan Wuryantoro meminta pelatihan menjahit.

“Jika total jendral pesertanya pada dua tahap pelatihan itu sekitar 1000 peserta dengan sumber dana  dari anggaran APBD dan APBN,” jelasnya.

Dikatakan, pelatihan kerja tahun ini dipilih lokasi di wilayah Wonogiri selatan. Pasalnya hal itu sudah sesuai dengan permintaan. Bupati yang dituangkan dalam SK.Anoer juga mengatakan, tahun ini BLK menerima 25 paket pelatihan.

Ditambahkan, pelatihan kerja di BLK tidak dipungut biaya. Selain itu, tidak ada batasan usia. Tapi yang jelas, usia kerja atau usia produktif.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge