0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pencairan Dana Desa Lambat, 191 Desa Belum Serahkan SPj

timlo.net/agung widodo

Bangun Jalan

Sragen – Hingga kini baru ada 5 desa dari 196 desa yang ada di Kabupaten Sragen yang telah mengajukan berkas pencairan dana desa yang bersumber dari APBD Perubahan Sragen 2015. Melalui anggaran tersebut total dana yang dikucurkan untuk seluruh desa di Bumi Sukowati sebesar Rp 54 Miliar. Penyebabnya banyak desa yang belum menyerahkan surat pertanggungjawaban (SPj) dari penggunaan dana desa tahap pertama.

“Sebenarnya untuk melaporkan cukup sederhana. Tinggal menyerahkan laporan kegiatan yang dilakukan, disertai bukti-bukti belanja seperti kwitansi. Setelah dilaporkan baru bisa mengajukan pencairan,” kata Kepala Bagian Pemerintahan Setda Sragen, Bambang Widiatmoko, Selasa (15/9).

Dia mengatakan, 5 desa yang telah mengajukan pencairan tersebut adalah Desa kaliwedi Kecamatan Gondang, Desa Kedungpit Kecamatan Sragen, Desa Puro dan Kedungwaduk Kecamatan dan Desa Cepoko Kecamatan Sumberlawang.

Pihaknya berharap 191 desa yang belum mengajukan pencairan segera menyerahkan laporan kegiatan ke Bagian Pemerintahn Setda Sragen dan selanjutnya diteruskan ke DPPKAD untuk proses pencairan. Pemkab sangat mendorong percepatan pencairan karena itu berkaitan dengan kepentingan masyarakat dan desa.

“Sebab kami juga mendapat pesan dari pusat untuk mempercepat pencairan dan pembangunan desa bisa berjalan,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge