0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hewan Kurban di Pasar Bekonang Rutin Diperiksa Kesehatannya

timlo.net/putra kurniawan

Kondisi pasar hewan bekonang menjelang Idul Adha

Sukoharjo – Petugas kesehatan hewan dari Dinas Pertanian Sukoharjo rutin melaukan pemeriksaan terhadap sapi-sapi yang dijual di Pasar Hewan Bekonang, Mojolaban. Hal ini untuk memastikan hewan kurban memenuhi persyaratan dan layak konsumsi.

“Setiap pagi sebelum diperjual belikan, sapi saya cek kondisinya dengan melihat ciri-ciri fisik saja sudah kelihatan, kalau kondisi sakit saya minta untuk tidak dijual dan disembuhkan lebih dahulu,” kata petugas kesehatan hewan Dinas Pertanian, Ngadiman, Selasa (15/9).

Hewan kurban di Pasar Hewan Bekonang ini datang dari berbagai wilayah se Soloraya setiap lima hari sekali pada hari pasaran jawa. Jumlah sapi bisa mencapai 400 ekor, sehingga dibutuhkan waktu ekstra panjang untuk memeriksa sapi satu per satu.

Dalam kondisi cuaca panas seperti saat ini, penyakit terhadap sapi kebanyakan diare dan demam yang bisa dilihat dari matanya. Petugas menyediakan jasa pengobatan hewan atas permintaan pemilik sapi, setelah sembuh sapi bisa dijual kembali.

“Kalau yang dari jauh-jauh setiba di pasar kita berikan vitamin agar kondisi sapi lebih vit, sesuai permintaan pemilik sapi,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge