0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Karanganyar Belum Bisa Kelola Tahura

timlo.net/nanang rahadian

Sekda Karanganyar, Samsi

Karanganyar — Hingga saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar, belum bisa mengelola Taman Hutan Raya (Tahura) KGPAA Mangkunegoro I, yang berada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso Karanganyar. Pasalnya surat resmi terkait pengelolaan bersama antara Pemkab karanganyar dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah belum turun. Meskipun Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah telah meminta Pemkab Karanganyar ikut mengelola hutan tersebut.

‪“Belum ada aksi yang kita lakukan, selama ini kita baru rapat koordinasi bersama terkait pengelolaan Tahura,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Samsi, Selasa (15/9).

‪Samsi mengatakan, Pemkab Karanganyar masih memikirkan strategi dan pengembangan yang baik dalam pengelolaan Tahura yang berada di Lereng Lawu tersebut. Hal itu dilakukan agar nantinya pengelolaan bisa berjalan secara maksimal dan sesuai yang diharapkan, baik oleh Pemkab maupun dari Pemerintah Provinsi.

‪”Kendalanya adalah mahalnya biaya investasi yang harus dikeluarkan Pemkab untuk membangun fasilitas di Tahura. Padahal jumlah pengunjung yang masuk ke Tahura belum banyak,” kata Samsi.

‪Sementara itu Kepala Tahura KGPAA Mangkunegoro I, Soegiharto, menambahkan hingga pengelolaan bersama belum bisa dilakukan. Ke depannya jika sudah ada surat resmi, Sinergi pengelolaan bisa dilakukan bersama Pemerintah Kabupaten Karanganyar.

“Ya harus menunggu surat resminya dulu, karena memang harus ada hitam di atas putih,” kata Soegiharto.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge