0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Idul Adha, Pos Lalu Lintas Ternak Prambanan Sepi

timlo.net/aditya wijaya

Pos Lalu Lintas Ternak Prambanan Klaten

Klaten — Menjelang Idul Adha, pemeriksaan hewan ternak ke luar Jawa Tengah melalui Pos Lalu Lintas Ternak Prambanan, Klaten masih sepi. Namun demikian, pemeriksaan kesehatan hewan ternak tetap dilakukan.

“Tidak ada peningkatan signifikan. Masih sepi seperti hari biasa, Mas,” tutur petugas jaga Pos Lalu Lintas Ternak Prambanan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah, Resi YP, Selasa (15/9).

Selama dua tahun berjaga, dikatakannya, pos berlokasi di Desa Tlogo, Kecamatan Prambanan itu bukan ’jalur seksi’ bagi kendaraan pengangkut ternak. Peternak memilih melalui jalur Pantura.

Bagi kendaraan pengangkut ternak unggas, setiap ekor dikenai retribusi Rp 20. Kemudian, ternak kambing Rp 1.000 per ekor, dan sapi per ekornya Rp 5.000. Pihaknya juga akan melakukan penyemprotan kepada ternak yang tidak bisa menunjukkan keterangan kesehatan dari mantri hewan setempat.

“Disini bukan jalur utama, kebanyakan antar pasar hewan lokal seperti ke pasar sapi Prambanan. Sedangkan yang berasal dari Jawa Timur, Ngawi, Wonogiri, Solo cenderung melewati jalur utara. Sehari yang masuk bisa dua puluh kali, bahkan tidak ada sama sekali yang diperiksa,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge