0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Klarifikasi Budi Waseso Soal Penghilangan Pasal Rehabilitasi

dok.merdeka.com

Komjen Budi Waseso

Timlo.net – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Budi Waseso mengklarifikasi rencananya akan menghilangkan pasal rehabilitasi bagi pengguna narkotika. Dalam pasal 54 UU no 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, disebutkan pecandu narkotik dan korban penyalahgunaannya wajib menjalani rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial.

“Rehabilitasi bukan tidak boleh, semuanya melalui proses penegakkan hukum. Rehabilitasi dilaksanakan bersamaan pengguna narkotika melaksanakan hukumannya itu,” kata Budi Waseso, Selasa (15/9).

Mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri ini mengatakan, proses rehabilitasi nanti tidak akan mencampur pelaku pengguna narkotika dalam ruang tahanan yang sama.

“Rehabilitas juga bukan tahanan narkoba dicampur dengan narkoba lain. Bukannya tidak boleh tapi kita lihat kembali. Di undang-undang kan boleh,” terangnya.

Dia khawatir pasal tersebut digunakan para pengedar dan bandar besar narkoba untuk mengelabui pihak berwajib dengan mengaku sebagai pengguna yang hukumannya jauh lebih ringan daripada pengedar.

[rnd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge