0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nyolong Puluhan Motor, 9 Pelajar SMP Diringkus

Barang bukti pencurian yang diamankan polisi (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Komplotan spesialis pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di Kota Solo diringkus jajaran Polsek Jebres. Ironisnya, seluruh pelaku merupakan anak di bawah umur dan masih berstatus pelajar tingkat pertama atau SMP. Tercatat, sebanyak sembilan orang berhasil diamankan.

“Dari seluruh pelaku masih berstatus pelajar,” terang Kapolsek Jebres, Kompol Edison Panjaitan, Selasa (15/9) siang.

Informasi yang dihimpun, dalam menjalankan aksinya, pelaku menyasar motor di bawah tahun 2005 ke bawah. Dalam menentukan sasaran, pelaku melakukannya secara acak. Meski begitu, dilihat dari cara mereka beraksi serta mendistribusikan barang curian sudah sangat lihai.

“Hasil curian ada yang dipreteli lalu dijual ke Pasar Notoharjo, sebagian lagi ada yang ditaruh di tempat umum lalu tidak diambil, dan masih banyak yang lain. Intinya, mereka melakukan aksi pencurian hanya untuk bersenang-senang,” terang Kapolsek.

Disinggung jumlah sepeda motor yang berhasil disikat, Kapolsek mengaku, terdapat puluhan kendaraan dari sebanyak 26 tempat mereka beroperasi. Dalam melakukan aksinya, mereka cukup menghubungkan kabel di bagian kontak kendaraan sehingga tidak membutuhkan kunci T untuk merusak lubang kunci kontak.

“Mereka hanya menghubungkan kabel di bagian kontak. Dan dalam waktu singkat, kendaraan berhasil disikat,” terang Kapolsek.

Sementara, kesembilan pelaku yang berhasil damankan polisi, yakni ARK (15), DV (16), YL (15), AAW (15), CHY (15), YLS (14) dan DN (15) warga Mojosongo, Jebres Solo, kemudian DJSK (13) warga Pucangsawit, Jebres dan  NTN (14) warga Jagalan, Jebres,

Terkait proses hukum terhadap Anak Bermasalah Hukum (ABH) tersebut, pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan unit Pelayanan Khusus bidang Pelayanan Perempuan dan Anak Polresta Solo dan Balai Pemasyarakata (Bapas) Kota Solo.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge