0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kena Kabut Asap Indonesia, Sekolah di Malaysia Diliburkan

dok.merdeka.com

Kabut asap Indonesia sampai Malaysia

Timlo.net – Kabut asap dampak dari kebakaran hutan di Indonesia sampai di negeri Malaysia. Aktivitas belajar mengajar sekolah di lima Negara Bagian Malaysia terpaksa diliburkan hari ini, Selasa (15/9), karena kabut asap makin tebal. Penutupan ini berjalan sampai batas belum ditentukan.

“Catatan Index Polusi Udara Malaysia (API) mencatatkan angka 200, Semua sekolah di Selangor, Kuala Lumpur, Putrajaya, Negeri Sembilan, dan Melaka akan tutup hari ini,” kata Menteri Pendidikan Malaysia Mahdzir Khalid, seperti dilansir Channel News Asia.

Lebih lanjut Mahdzir mengatakan penutupan ini sudah sesuai prosedur tetap, yang mana institutis pendidikan ditutup ketika data API mencapai angka 200. Level tersebut telah memasuki golongan tidak sehat.

Merujuk indeks API, tingkat asap 0 hingga 50 adalah baik, 51 hingga 100 adalah menengah, 101 hingga 200 dikatakan tidak sehat, 201 hingga 200 sangat tidak sehat, dan 300 keatas adalah berbahaya.

Presiden Indonesia Joko Widodo pada Senin kemarin telah memberi instruksi kepada Polri dan TNI untuk mengirimkan lebih banyak personel demi memerangi kebakaran hutan di Sumatra dan Kalimantan, yang merupakan penyebab kabut asap di Singapura dan Malaysia.

Provinsi Riau di Sumatra pada Senin kemarin menegaskan bila daerahnya terdapat 1000 titik darurat terdeteksi, terkait kabut mematikan tersebut.

[ard]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge