0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wapres JK Melayat Mantan Menkeu Ali Wardhana

dok.merdeka.com
Wapres Jusuf Kalla (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) melayat mantan Menteri Keuangan era Orde Baru Ali Wardhana di rumah duka di Jalan Patra Kuningan XV No 6 Jakarta Selatan, Selasa (15/9). JK tiba di rumah duka pukul 09.00 WIB dengan mengenakan kemeja batik cokelat lengan panjang dengan menggunakan mobil dinas berpelat B 1019 RFS.

JK yang tiba dengan didampingi Tim Ahli bidang Ekonomi Wapres, Sofyan Wanandi, langsung masuk ke dalam rumah duka dan melakukan salat jenazah. Sofyan mengatakan, almarhum merupakan arsitek perekonomian Indonesia pada awal era Orde Baru yang juga mudah bergaul dengan siapapun serta penggemar berat cerutu impor merek Davidoff dan Partagas.

“Dia itu salah satu Menkeu paling muda, gampang sekali bergaul. Biasanya juga merokok setelah makan siang, satu sampai dua cerutu dalam satu hari,” ungkap Sofyan.

Ali Wardhana meninggal dunia pada usia 87 tahun di Jakarta, Senin (14/9) pukul 15.30 WIB, setelah dikabarkan menderita sakit. Rencananya, jenazah Ali Wardhana dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Prof Dr Ali Wardhana lahir di Solo, Jawa Tengah pada 6 Mei 1928. Dia pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan periode 1968-1983 serta sebagai Menteri Koordinator Ekonomi, Industri dan Pengawasan Pembangunan periode 1983-1988. Wardhana juga merupakan salah satu anggota penasihat perekonomian pada masa Orde Baru.

Ali Wardhana menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1958, dan mendapatkan gelar Master of Arts dari University of California Berkeley, Amerika Serikat pada 1961 dan menyelesaikan program doktoral PhD dari universitas yang sama pada 1962.

Selama menjabat sebagai Menteri Keuangan, Ali Wardhana berhasil mengawal perekonomian nasional dengan menurunkan inflasi dari 650 persen menjadi 10 persen dalam tiga tahun masa jabatannya sejak 1968 melalui ‘balanced budget’, yaitu anggaran pemerintah yang berimbang.

Beberapa penghargaan yang pernah diperoleh Ali Wardhana adalah Bintang Mahaputera Adiprana Kelas II (dari Pemerintah RI), Satyalencana Dwidja Sistha (Menteri Pertahanan Keamanan RI), Grootkruis Leopold II (dari Raja Belgia) dan Ali Grootkuis in dew Oranye Nassau (dari Ratu Yuliana, Belanda). [eko]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge