0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tahukah Anda Jika Anak Sedang Mengalami Stres?

Stres pada anak.

Dok: Timlo.net/Oprah.com

Stres pada anak.

Timlo.net—Sebagai orang tua, Anda mungkin mengalami stres beberapa kali. Tapi mampukah Anda mengetahui jika dan kapan anak Anda mengalami masalah yang sama? Sebuah survei nasional yang diadakan situs WebMD berkata jika kebanyakan orang tua tidak tahu jika anak mereka mengalami stres.

Survei itu diadakan terhadap 432 orang tua dengan anak berusia 5 hingga 13 tahun. Mereka diminta mengukur tingkat stres mereka dari skala 1 hingga 10. Kemudian diminta mengukur tingkat stres anak-anak mereka dengan skala yang sama. Sekitar satu dari lima orang tua menyatakan jika mereka mengalami stres tingkat maksimal (skala 10 dari total 10 angka) dan 57 persen mengaku mengalami stres dalam skala 7 dari 10 atau lebih tinggi. Akan tetapi, 48 persen memprediksikan jika stres yang dialami anak mereka dalam skala 4 atau lebih rendah.

Sebanyak 72 persen anak-anak menunjukkan beberapa perilaku negatif yang dihubungkan dengan gejala stres termasuk menangis, berdebat dengan orang tua dan kegelisahan. Banyak anak juga menderita gejala fisik termasuk sakit kepala, sakit perut, mimpi buruk dan selera makan yang menurun.

“Anak-anak yang lebih kecil tidak bisa mengatakan jika mereka menderita stres karena tidak memahami istilah ini,” kata Sandra Hassink, M.D., presiden dari American Academy of Pediatrics. “Jadi orang tua mungkin tidak mendengar anak-anak mengeluh jika mereka sedang stres. Tapi saya penasaran jika mereka melihat gejala-gejala fisik dan perilakunya,” terangnya.

Survei itu juga menyatakan jika banyak orang tua menghubungkan stres anak dengan sekolah dan pekerjaan rumah (53 persen) dan teman-teman mereka (51 persen). Akan tetapi para orang tua tidak bisa melihat jika stres anak bisa disebabkan oleh lingkungan rumah mereka. Padahal stres yang dialami orang tua bisa berpengaruh secara langsung pada anak mereka.

Tingkat stres terus bertambah seiring anak-anak itu bertambah dewasa, tulis survei itu. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk mengenali gejala-gejala stres pada anak-anak mereka.

Sumber: Parents.com

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge