0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kualitas Udara Memburuk, Sekolah Diliburkan

merdeka.com

Kabut asap di Riau

Timlo.net — Kualitas udara di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, sudah berada dalam tingkat berbahaya. Jarak pandang akibat kabut asap dari kebakaran lahan dan hutan pun hanya mencapai seratus meter.

Akibatnya, Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru memutuskan memperpanjang masa libur sekolah Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) hingga Selasa (15/9).

“Kami memutuskan untuk meliburkan seluruh siswa dan guru-gurunya hingga Selasa besok. Karena kami khawatir kabut asap akan mengganggu kesehatan siswa dan guru. Apalagi udara sudah level berbahaya,” kata Kadisdik Kota Pekanbaru, Prof. Zulfadil, kepada sejumlah wartawan, Minggu (13/9).

Pengambilan keputusan penambahan masa libur akibat kabut asap, menurut Zulfadil setelah pihaknya melakukan pemantauan kualitas udara Kota Pekanbaru. Jika udara membaik, sekolah kembali dibuka. Namun, jika masih level berbahaya dan kabut asap masih tebal, maka libur sekolah kembali diperpanjang.

“Ada SOP (Standar Operasional Prosedur)-nya. Akan kami lihat dulu Selasa sore bagaimana kualitas udaranya,” ujar Zulfadil.

Meski diliburkan, Zulfadil meminta kepada para wali murid dan anak didik tidak berkeliaran di luar rumah. Hal itu demi menjaga kesehatan karena tebalnya kabut asap sangat mengganggu.

“Jangan main di luar rumah. Jika memang harus keluar, gunakanlah masker. Orang tua juga harus memperhatikan anaknya untuk menjaga kesehatan mereka,” ucap Zulfadil.

[ary]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge