0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

FPI Jadi Ajang Selfie

timlo.net/heru murdhani

Festival Payung Indonesia

Solo – Animo masyarakat dalam menyaksikan berbagai gelaran festival cukup tinggi. Hal itu dibuktikan dengan ribuan masyarakat kota Bengawan yang datang berduyun-duyun untuk mengikuti sejumlah sajian Festival Payung Indonesia (FPI) yang digelar di Taman Balekambang.

Memasuki areal taman, pengunjung disuguhi dengan ribuan macam payung tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu ada juga delegasi dari tiga negara yakni Thailand, Jepang dan China yang juga menggelar payung khas negara masing-masing.

Pengunjung yang hadir langsung mengabadikan pemandangan artistik ini kedalam bentuk foto. Jadilah event tahunan yang menginjak tahun kedua ini menjadi ajang selfie.

“Saya datang sama teman-teman, soalnya unik hiasannya. Jadi sekalian selfie-selfie gitu,” ungkap salah seorang pengunjung, Arum Deasy, Minggu (13/9).

Selain sebagai ajang pertunjukan, FPI juga menjadi tempat bertemunya pengrajin dan kreator payung. Mereka saling bertukar pengalaman dan ilmu. Hal ini sangat berguna bagi pemasaran produk mereka, sekaligus untuk menjaga eksistensi payung tradisional di tengah masyarakat modern.

“Ada juga dari pengrajin dan kreator payung yang turut meramaikan gelaran pada tahun ini. Kami harap mereka bisa saling berkomunikasi dan menjalin jaringan untuk kemudian mengembangkan payung ini menjadi lebih baik, baik dari segi artistik, fungsionalnya, hingga nilai jual payung,” ungkap salah seorang panitia, Heru Mataya.

Seorang kreator payung asal negeri tirai bambu, Chen Mi mengaku bangga bisa turut serta dalam gelaran ini. Dia mengatakan di negerinya, keberadaan payung tradisional telah banyak tergeser dengan payung modern. Dia berharap acara seperti ini mampu membangkitkan kembali industri payung sebagai peninggalan budaya leluhur.

“Saya suka dengan acara ini, saya bisa memperkenalkan payung leluhur, dengan keunikan dan coraknya. Saya senang sekali,” kata Chen Mi.

Selain penyelenggaraan pertunjukan dan workshop, sajian FPI tahun kedua ini akan dimeriahkan dengan karnaval payung yang akan menempuh rute Stadion Sriwedari Solo, hingga taman Balekambang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge