0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perekonomian Lesu, Penyaluran Kredit BPR Justru Meningkat

foto: Setyo

Kepala kantor OJK Solo, Triyoga Laksito (kiri)

Solo – Kinerja Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di wilayah Soloraya selama bulan Juli menunjukan tren positif. Bahkan dari pantauan yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo, pertumbuhan tersebut hampir disemua lini baik total aset, penyaluran kredit maupun dana pihak ketiga (DPK).

“Dari data yang kita peroleh, penyaluran kredit BPR pada bulan juli meningkat sekitar 10,42 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya,” ujar Kepala Kantor OJK Solo, Triyoga Laksito kepada wartawan, kemarin.

Selain penyaluran kredit, menurutnya pertumbuhan aset yang dikelola BPR juga mengalami peningkatan sebesar 13,33 persen secara year on year (yoy) atau sejumlah Rp 578,99 Miliar pada bulan Juli tahun ini. Sedangkan untuk dana pihak ketiga (DPK) terjadi pertumbuhan sekitar Rp 3.121,14 Miliar atau 17,25 persen secara year on year (yoy).

“Dana pihak ketiga tersebut diperoleh dari komposisi tabungan dan deposito, yang masing-masing sebesar Rp 1.331,59 Miliar dan Rp 1.799,55 Miliar,” jelasnya.

Sementara itu, Deputi Kantor perwakilan Bank Indonesia Solo, Hendik S secara terpisah menyampaikan, jika tingginya pertumbuhan DPK yang dihimpun pihak perbankan lebih karena banyak masyarakat memilih wait and see dari pada membelikan barang.

“Melihat kondisi perekonomian yang terjadi saat ini saya kira banyak para pengusaha yang memilih untuk menahan diri daripada berspekulasi,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge