0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemerintah Diminta Tertibkan Penyalur TKI Nakal

dok.merdeka.com

Dede Yusuf

Timlo.net – Ketua Komisi IX DPR Dede Yusuf mendesak agar pemerintah menertibkan agen penyalur TKI nakal. Menurut dia, sudah tidak diperbolehkan lagi pinjaman uang bagi TKI yang ingin berangkat ke luar negeri.

“Sudah tidak boleh lagi ada peminjaman uang sebagai utang bagi TKI yang akan berangkat. Kami minta penyalur-penyalur nakal ditertibkan oleh pemerintah segera,” kata Dede, Sabtu (12/9).

Selain itu, Dede mendesak agar pemerintah menyiapkan dana talangan yang ingin berangkat ke luar negeri. Dengan demikian, TKI tak lagi meminjam uang ke para agen penyalur sehingga tidak ada potongan saat TKI menerima gaji.

“Siapkan dana talangan bagi TKI yang berangkat,” tegas Politikus Partai Demokrat ini.

Dede menjelaskan, pihaknya bakal memanggil Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri untuk menjelaskan kasus TKI di Singapura ini. Menurut dia, agen penyalur tak boleh seenaknya memotong gaji TKI.

“Kita akan koordinasi dengan pemerintah dan panggil perusahaan. Bagaimana cara pemerintah untuk selamatkan TKI-TKI kita di sana,” pungkas Dede.

Diberitakan sebelumnya, cerita menyedihkan yang dialami Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang bekerja di Singapura. Hersih Wignyo Mujalil telah bekerja di Singapura selama delapan bulan. Namun sayang, gaji yang diterimanya tak utuh, karena dipotong oleh pihak penyalur TKW.

“Saya datang ke Singapura untuk bekerja. Gaji 530 dolar Singapura dipotong 430 dolar singapura selama delapan bulan,” kata Hersih.

[rnd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge