0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Buang Rokok Sembaragan, 20 Hektar Hutan Terbakar

Ilustrasi hutan terbakar (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Diduga akibat aktivitas warga mencari kayu gelam, hutan habitat gajah Taman Suaka Marga Satwa di Desa Padang Sugihan, Banyuasin, Sumsel, terbakar. Paling tidak, hutan yang terbakar di areal itu sudah mencapai 20 hektar.

Ketua Manggala Agni Banyuasin, Wawan mengungkapkan, api muncul pertama kali Rabu (9/9) lalu. Meski upaya pemadaman terus dilakukan, kebakaran kembali meluas, terutama di kawasan hutan yang ditumbuhi kayu gelam dan ilalang.

“Total hutan yang terbakar di areal habitat gajah mencapai 20 hektar. Saat ini masih proses pemadaman,” ungkap Wawan, Sabtu (12/9).

Dia menduga, kebakaran tersebut disebabkan ulah warga sekitar yang mencari kayu gelam di sekitar lokasi. Sebab, biasanya warga membuang puntung rokok yang masih hidup sembarangan. Alhasil, api dengan mudah membesar lantaran kondisinya gambut kering.

“Kita menduga begitu. Karena di sana banyak kayu gelam,” kata dia.

Selain melakukan pemadaman, pihaknya juga fokus mengevakuasi puluhan ekor gajah dari lokasi kebakaran. Di sana juga terdapat pelatihan dan penangkaran gajah yang berjumlah 27 ekor.

“Semampunya kita evakuasi agar tidak ikut terbakar. Masih banyak juga gajah liar di dalam hutan,” pungkasnya. [ren]

Sumber: merdeka.com

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge