0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banyak Pensiun, Guru SD di Sragen Terancam Habis

timlo.net/agung widodo

Ilustrasi Guru PNS Kabupaten Sragen.

Sragen – Kekurangan guru SD di Sragen dinilai cukup memprihatinkan. Pasalnya dari 537 SD Negeri, jumlah guru PNS rata-rata tinggal tiga orang di tiap sekolah termasuk kepala sekolah. Hal ini lantaran banyak guru SD pensiun yang per tahunnya mencapai lebih dari 400 orang.

“Pengurangan jumlah guru SD akibat pensiun di Sragen memang cukup banyak. Sementara untuk guru SMP dan SMA/SMK masih mencukupi,” kata Kepala Bidang (Kabid) Dokumentasi dan Pengolahan Data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sragen, Joko Budiharjo.

Joko mengungkapkan, kalau tidak ada penambahan tenaga guru, maka dalam waktu tiga tahun guru SD status PNS terancam habis dan dikawatirkan tidak ada lagi yang mengajar. Apalagi guru-guru SD dari hasil pembentukan SD Instruksi Presiden (Inpres) di Sragen juga sudah berkurang banyak karena telah memasuki pensiun.

Menurut Joko, saat ini banyak SD negeri di Sragen yang tergantung dengan keberadaan dari tenaga honorer. Dari sekitar 11.700 PNS yang ada di Pemkab Sragen, lebih dari 6.000 adalah tenaga guru. Pada rekruitmen CPNS tahun 2014 lalu, dari 30 formasi guru dari umum, alokasi untuk guru SD hanya 4 orang, sedang perekrutan tenaga honorer Kategori 2 (K2) hanya 227 guru SD, dari 533 tenaga K2 yang diangkat sebagai guru SD.

Berdasarkan data di BKD Sragen, terdapat 537 SD negeri di Sragen, dengan jumlah 4.077 guru PNS dan 1.754 guru nonPNS. Jumlah siswa SD sebanyak 71.793 dan jumlah rombongan belajar sebanyak 3.277.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge