0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Empat Zona Akan Diberlakukan Parkir Elektronik

Dok. Timlo.net/Setyo
ilustrasi parkir (Dok. Timlo.net/Setyo)

Solo — Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Solo berniat untuk menerapkan secara serentak penggunaan sistem parkir elektronik di jalan dr Rajiman pada akhir bulan ini. Hal itu akan dibarengi dengan penerapan parkir empat zona di kawasan Coyudan hingga Singosaren.

“Kami sedang menghitung kepadatan kendaraan yang biasa parkir di kawasan itu, setelah itu nanti baru kita tentukan kawasan zonasinya,” ungkap Kepala UPTD Perparkiran Dishubkominfo, M Usman, Jumat (11/9).

Keempat zona tersebut terdiri dari masing-masing dua zona untuk kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua. Zona-zona itu terletak di sisi utara dan selatan parkir on street (parkir di badan jalan) di jalan dr Rajiman. Ruas jalan ini akan menjadi percontohan parkir elektronik pertama.

“Kita bagi menjadi dua, ruas selatan untuk kendaraan roda empat, sedang ruas utara untuk roda dua. Hal ini karena jumlah piranti parkir elektronik yang baru tersedia sembilan unit, delapan untuk penghitungan waktu, dan satu untuk server lokal,” katanya.

Dirinya juga kian gencar untuk mensosialisasikan keberadaan parkir elektronik tersebut. Selain itu dia mengatakan akan segera memasang rambu parkir elektonik di kawasan Coyudan.

“Bulan depan akan kami terapkan, dan akan kita lakukan evaluasi berjalan sesuai dengan kebutuhannya,” tandasnya.

Parkir elektronik ini diterapkan untuk memaksimalkan tarif progresif untuk aktivitas parkir. Selama ini tarif parkir progresif sering diabaikan oleh juru parkir, lantaran mereka lebih memilih membayar biaya parkir sesuai tarif dasar.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge