0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Server Error, Baru 10 % PNS Boyolali Daftar Ulang

dok.timlo.net/nanin
PNS Boyolali kesultan daftar ulang lewat situs PUPNS (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Terkendala server yang sering error, ribuan PNS di jajaran Pemkab Boyolali kesulitan melakukan pendaftaran ulang di pendataan ulang PNS (PUPNS) Badan Kepegawaian Nasional. Di Boyolali, dari 11.190 PNS, baru 10 % yang berhasil mendaftar.

“Banyak yang gagal karena server sering error, mungkin karena PNS seluruh Indonesia mendaftar ulang bersamaan,” ujar  Kepala Bidang (Kabid) Perundang-undangan dan Informasi BKD Boyolali, Sutaryono, Jumat (11/9).

Diakui, tidak sedikit PNS yang datang ke BKD sekadar menanyakan masalah PUPNS. Padahal, mendaftar PUPNS bisa dilakukan dimanapun selama tersedia jaringan internet dan PNS yang bersangkutan memiliki alamat email. Pihaknya selama sepuluh hari pertama akan melakukan pemantauan langsung ke seluruh staf.

“Alurnya, bagian kepegawaian di masing-masing Satker verifikasi data yang dibuat PNS, dari SKPD masuk ke BKD, baru kemudian kita kirimkan ke BKN,” tambahnya.

Selain terkendala sistem server yang sering error, pihaknya juga terkendala sdm. Pasalnya, masih banyak kepala sub bagian kepegawaian di masing-masing SKPD yang belum memahami benar masalah PUPNS. Padahal sudah dibekali, namun ketika sampai di bawah, ternyata tidak bisa mengomunikasikan regulasi tersebut ke stafnya.

“Pendataanya hingga Desember tapi untuk Boyolali kita harapkan Oktober sudah selesai, kita siap jemput bola,” tambahnya.

Salah seorang PNS di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Boyolali, Christin, mengaku kesulitan untuk bisa login ke alamat situs https://epupns.bkn.go.id. Ia mengaku khawatir bila tidak segera mendaftar akan dicoret dari PNS.

“Sampai hari ini belum bisa. Kami khawatir kalau seterusnya tetap tidak bisa mendaftar ulang, bisa dipecat dari PNS,” katanya.

Hal berbeda dialami PNS di lingkungan Sekretariat DPRD, El Arwinto Luwarno, yang mengaku lancar dan tidak menemui kendala dalam mengakses situs PUPNS.

“Sekali mencoba langsung bisa, pas lancar tadi,” tambahnya.

PUPNS merupakan amanat Undang-undang No.5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Kepala BKN No. 19 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Secara Elektronik Tahun 2015 (e-PUPNS 2015).

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge