0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Cerita Bocah Baluwarti Bisa Latihan di Manchester United

dok.timlo.net/instagram
(dok.timlo.net/instagram)

Solo — Bagi pemain sepak bola usia belia Indonesia merasakan latihan di klub top dunia, Manchester United (MU) tentu adalah kesempatan yang langka. Hal itu yang sudah dialami oleh bocah asal Baluwarti Kota Solo, yakni Pamungkas Budi Wibowo yang berlatih di Denstone College Manchester United pada 14 hingga 24 Agustus lalu.

Pamungkas bersama enam temannya dari beberapa daerah, mewakili Indonesia dalam program summer camp di Manchester United oleh sebuah stasiun televisi swasta. Pamungkas dan teman-temannya mendapat program latihan ala akademi The Red Devils selama lima hari di Denstone.

“Program latihan sebenarnya hanya lima hari, satu hari berkeliling Old Trafford (markas MU). Sehari latihan sebanyak tiga kali. Bangun tidur lalu sarapan kemudian latihan sampai jam 12 siang. Istirahat dan makan jam 2 siang latihan lagi sampai jam 5 sore. Lalu makan malam dan latihan lagi sampai jam 9 malam,” ujar bocah asal Baluwarti (kompleks Kraton Kasunanan Surakarta) kepada Timlo.net, Jumat (11/9).

Bocah yang lahir Ketapang Kalbar, 3 September 1999 ini juga bercerita bergabung dengan sekitar 80 anak dari berbagai negara dalam program Summer Camp tersebut. Dalam sesi latihan tim yang dicampur, dirinya tergabung dengan bocah dari Zimbabwe, Irlandia, hingga teman senegara sendiri asal Padang, Sumatera Barat. Pamungkas mengaku mendapatkan penghargaan dari pelatihnya untuk kategori best defense atau pemain bertahan terbaik.

“Porsi latihan tidak jauh beda dengan yang diajarkan di Indonesia. Saya sebenarnya main gelandang dan penyerang, tapi disuruh main belakang. Tapi punya pengalaman berharga bisa berlatih di sana sudah membuat saya bersyukur,” tambah anak kelima dari tujuh bersaudara ini.

Pamungkas yang kini siswa kelas 1 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta ini juga bercerita pengalamannya bertemu pemain-pemain MU di bawah pelatih Louis van Gaal. Bahkan dirinya sempat menyaksikan laga MU kontra Newcastle United di Old Trafford dalam laga Premier League.

“Kemarin ketemu sama Louis van Gaal, Juan Mata, Chicharito, Sergio Romero, Ander Herrera, dan Daley Blind. Sempet juga nonton MU lawan Newcastle di Old Trafford,” tambah siswa SSB Begajah, Sukoharjo ini.

“Sarana dan kualitas lapangan di sana (Denstone —Red) jauh sekali bila dibandingkan di Indonesia. Di sana semua serba modern dan kualitasnya bagus,” tandas bocah yang akrab disapa Pampam ini.

Sementara, pelatih SSB Begajah, Yanis Ucok bercerita awal mula Pamungkas bisa menembus Summer Camp di Manchester United adalah saat mengikuti seleksi di Bali pada 2013. Namun Pamungkas baru bisa dipanggil dan lolos Agustus kemarin.

“Pampam satu dari tujuh orang wakil Indonesia, yang saingannya mencapai 41 saat di Jakarta. Selain Pampam dari Sukoharjo, ada juga yang dari Semarang, Bali, Padang, Papua, hingga Alor (NTT),” terang Yanis Ucok.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge