0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bang Yos : Pembentukan BCN Hanya Pemborosan

merdeka.com

Sutiyoso

Timlo.net — Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso tak menyetujui pembentukan Badan Cyber Nasional (BCN) yang diprakarsai oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan. Sutiyoso mengungkapkan pembentukan BCN justru akan memboroskan anggaran negara saja.

“Kita (BIN) sudah punya embrionya bahkan sudah melakukan Defence Cyber. Sudah bisa memonitor hanya tinggal menyerang. Menurut pandangan saya janganlah membuat pemborosan dengan cara membuat lembaga yang baru,” kata Sutiyoso di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (10/9).

Menurutnya, BIN telah memiliki divisi khusus yang dapat menangani potensi ancaman melalui cyber. Hal itu dapat dioptimalkan dengan Pemerintah memfokuskan penguatan divisi khusus itu di BIN serta dengan meningkatkan anggaran di bidang intelijen.

“Kita sudah punya tinggal meningkatkan saja. Direktorat kita juga sudah kita tingkatnya,” terangnya.

Selain itu, ia juga mengomentari pendirian Badan Cyber Nasional baru sekadar wacana dan belum memiliki pengalaman untuk menangani serangan dunia maya. “Itukan baru sekadar wacana dan belum terealisasikan. Terlebih, belum memiliki embrio seperti BIN,” tambahnya.

Untuk diketahui, Luhut mengatakan negara memerlukan BCN sebagai lembaga khusus untuk menghadapi serangan dunia maya dengan intensitas tinggi. Luhut menginginkan pemerintah mempunyai lembaga yang berada dalam satu koordinasi.

[rnd]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge