0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

9 Bulan Penyidik Belum Berhasil Periksa PB XIII

timlo.net/putra kurniawan

AKBP Andy Rifai

Sukoharjo — Terlapor kasus dugaan kejahatan seksual terhadap anak di bawah umur, Raja Solo Paku Buwono XIII kembali mangkir dari pemeriksaan. Kuasa hukum terlapor kembali mengirim surat yang menyatakan kliennya tidak bisa menjalani pemeriksaan karena sakit.

“Tiga hari yang lalu lawyer-nya mengirim surat sakit dari RSPAD, kita terkendalanya di situ kalau mau melakukan pemeriksaan,” kata Kapolres Sukoharjo, AKBP Andy Rifai, Kamis (10/9).

PB XIII Hangabei dilaporkan orang tua korban ke Polres Sukoharjo pada akhir tahun 2014 atas dugaan kejahatan seksual terhadap korban AT. Namun beberapa kali saat akan diperiksa, terlapor mengaku sedang sakit kepada pihak penyidik, dengan menunjukkan surat keterangan sakit dari rumah sakit tempat dirinya dirawat.

Hingga sembilan bulan berjalan sejak dilaporkan, belum sekalipun penyidik berhasil melakukan pemeriksaan kepada terlapor PB XIII. Sehingga, pihak kepolisian mengalami kesulitan menangani kasus dugaan kejahatan seksual dengan korban anak di bawah umur.

“Yang pertama kali kita tanyakan saat melakukan pemeriksaan adalah, apakah saudara dalam keadaan sehat jasmani rohani? Jadi kalau tidak sehat ya tidak bisa diperiksa,” tandasnya.

PB XIII dilaporkan orang tua korban pada 2 Desember 2014 ke Polres Sukoharjo dengan tuduhan melanggar UU No 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak. Pihak keluarga juga meminta dilakukan tes DNA, namun hal ini belum bisa dilakukan mengingat, kondisi PB XIII sampai sekarang dalam kondisi sakit.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge