0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banyak Sapi Kurban Menderita Luka

090915 Petugas lakukan pemeriksaan hewan ternak sapi di pasar hewan menjelang hari raya qurban
Petugas lakukan pemeriksaan hewan ternak sapi di pasar hewan menjelang Hari Raya Qurban ()

Boyolali — Dinas Peternakan dan Perikanan Boyolali terus melakukan pemantauan dan pemeriksaan hewan untuk kurban. Salah satunya di Pasar Hewan Sunggingan, Boyolali. Di pasar hewan terbesar di Boyolali ini, petugas banyak menemukan sapi yang menderita luka.

“Banyak sapi yang menderita lecet di tubuh dan kaki, mungkin karena gesekan,” ujar drh Hendro Kurnianto, Kasi Kesehatan Masyarakat dan Veteriner Disnakkan, Boyolali, Kamis (10/9).

Untuk menjaga agar sapi yang terluka tidak terkena infeksi atau menimbulkan belatung, petugas langsung menyemprotkan anti biotik. Pemilik juga dihimbau untuk lebih hati-hati saat mengangkut ternaknya agar tidak terjadi luka. Selain itu, menurut Hendro, pihaknya juga mewajibkan pedagang dari luar Boyolali untuk melapor ke petugas bila ada sapi yang terluka.

“Akibat perjalanan jauh,muatan juga berlebih, pasti terjadi gesekan dan luka, pedagang harus melaporkan ke petugas, agar bisa segera diobati,” tambahnya.

Secara fisik, sapi-sapi yang dijual di Pasar Hewan Sunggingan dalam kondisi baik. Hanya saja, untuk sapi yang hendak dijadikan kurban, harus sudah berumur 2 tahun, tidak buta matanya dan tidak pincang. Pemeriksaan akan dilakukan disejumlah pasar hewan di Boyolali hingga menjelang Hari Raya Idul Adha.

Sementara itu, sejumlah pedagang sapi mengaku senang dengan adanya pemeriksaan kesehatan sapi-sapi mereka. Pasalnya, hewan yang sehat akan memudahkan sapi mereka terjual.

“Kalau petugas bilang sehat, sapinya lebih mudah dijual,” ungkap Heru asal Cepogo

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge