0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Delegasi 3 Negara Semarakkan Festival Payung di Solo

Pembukaan Festival Payung 2014 (dok.timlo.net/david)

Solo – Festival Payung Indonesia (FPI) akan kembali digelar di Taman Balekambang. Selama tiga hari, mulai Jumat hingga Minggu  (11-13/9) pengunjung akan disuguhkan berbagai macam kegiatan mulai dari workshop pembuatan payung, aneka jenis payung tradisional dari berbagai daerah, dan pertunjukan tari payung.

“Selain dari daerah-daerah di Indonesia, kami juga menghadirkan delegasi dari tiga negara yakni China, Jepang, dan Thailand. Hal ini adalah untuk memperkaya suasana yang ada di festival Payung Indonesia,” ungkap Ketua panitia FPI, Heru Mataya, Kamis (10/9).

Heru mengatakan, kehadiran delegasi dari negara-negara ini dimaksudkan untuk memberikan semangat kepada pengrajin payung tradisional yang ada di Indonesia. Lantaran diberbagai negara pengrajin payung tradisional telah mulai tersisih dan terdesak keberadaan payung modern.

“Karena memang memiliki kegelisahan yang sama, tentang bagaimana mengembalikan lagi kejayaan payung tradisional di tengah masyarakat modern seperti sekarang ini,” katanya.

Seorang perwakilan delegasi dari China, Chen Mi mengaku sangat senang bisa mengikuti festival payung ini. Dia mengaku selama ini dirinya pun memiliki niatan yang sama dengan para pengrajin payung di Indonesia untuk semakin menonjolkan payung khas negeri Tirai Bambu kepada dunia.

“Saya sangat senang bisa diundang dalam acara seperti ini. Payung tradisional di China sendiri sekarang hanya dipakai untuk hadiah dan hiasan saja, karena telah digantikan dengan payung yang modern. Saya bertekad untuk bisa mempertahankan dan memperkenalkan payung tradisional ini,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan, FPI adalah ajang komunikasi yang baik antar pengrajin payung maupun orang-orang yang tertarik dengan payung. Dia berharap, industri ini bisa kembali diterima masyarakat dan payung tradisi tetap lestari.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge