0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BI Dorong Penggunaan E-Money

timlo.net/setyo pujis

Perwakilan BNI Jawa Tengah, Ria Mawar Hapsari saat menyampaikan materi

Solo – Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan Bank Indonesia untuk menekan transaksi tunai oleh masyarakat masih dirasa belum maksimal. Pasalnya kesiapan infrastruktur untuk menopang gerakan tersebut masih belum menunjang.

“Untuk di kota-kota besar perkembangan masyarakat untuk menggunakan e-money sudah mulai terlihat. Namun untuk Solo sendiri sepertinya masih belum bisa berkembang, karena faktor infrastruktur,” ujar Deputi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Hendik S kepada wartawan, Rabu (9/9).

Kendati demikian, dirinya mengatakan, upaya perbaikan dari segi infrastruktur serta mendorong kesadaran masyarakat terus coba dilakukan, baik kerjasama dengan perbankan, pengusaha maupun akademisi.

“Memang ada beberapa tahapan yang harus kita lakukan untuk menuju Less Cash Society atau komunitas yang menggunakan non tunai. Oleh karena itu sinergisitas dari semua pihak penting untuk dilakukan,” jelasnya.

Sementara itu, Perwakilan dari BNI, Ria Mawar Hapsari dalam pemaparannya menyampaikan, jika untuk mendukung GNNT yang dicanangkan BI, pihaknya telah meluncurkan kartu emoney yang bisa digunakan masyarakat untuk mengganti fungsi uang.

“Untuk memanfaatkan kartu tersebut kita sudah bekerjasama dengan sejumlah ritel seperti Alfamart dan lainnya. Sehingga dengan adanya fasilitas itu masyarakat bisa dengan mudah untuk melakukan transaksi,” terangnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, jika sejak diluncurkan tahun lalu, pertumbuhan untuk penggunaan produk e-money BNI di Jawa Tengah dan DIY cukup positif. Bahkan untuk saat ini sudah ada sekitar 1.000 kartu yang beredar.

Editor : Eddie Mutaqin

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge