0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kasus Korupsi, Mantan Kadis Dukcapil Klaten Ditahan

dok.timlo.net/epri
Kantor Kejaksaan Negeri Klaten (dok.timlo.net/epri)
Klaten — Kejaksaan Negeri (Kejari) Klaten akhirnya mengeksekusi mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil (Kadis Dukcapil) Klaten, Sarjono. Berkas pemeriksaan kasus dugaan korupsi proyek pemutakhiran data kependudukan tahun 2008 ini dinyatakan lengkap atau P21.
“Tim jaksa penuntut umum (JPU) sudah menyatakan P21. Sehingga penahanan terhadap tersangka (Sarjono) dilakukan sejak 1 September lalu,” ungkap Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Klaten Nurul Anwar, Rabu (9/9).
Kasus dugaan korupsi Disdukcapil Klaten ini sudah diusut Kejari Klaten sejak 2008. Dua tahun kemudian, Sarjono ditetapkan sebagai tersangka. Kasus ini bermula dari laporan masyarakat tentang pemotongan honor petugas pendataan kependudukan.
Berdasarkan surat keputusan (SK) Bupati, honor untuk petugas di lapangan seharusnya Rp 1,2 juta. Namun, fakta di lapangan setiap petugas menerima honor tidak sama, berkisar ratusan ribu rupiah.
“Dari audit Badan Pemeriksaan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dugaan kerugian dalam kasus ini sekitar Rp 1,6 miliar dari total nilai proyek Rp 3,8 miliar. Dana tersebut berasal dari APBD Klaten 2008 untuk kegiatan pemutakhiran data kependudukan,” imbuh Anwar.
Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge