0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

2016, Ditargetkan 70 SMP Terapkan Sekolah Siaga Bencana

timlo.net/aditya wijaya

Simulasi Bulan Pengurangan Resiko Bencana di Klaten

Klaten — Sebanyak 40 SMA/SMK di wilayah Kabupaten Klaten telah menerapkan program Sekolah Siaga Bencana (SSB). Hal itu sebagai upaya mitigasi sewaktu terjadi bencana.

“Dari sekitar 80 SMA/SMK di Klaten, sepanjang tahun ini sudah 40 sekolah yang menerapkan SSB,” ungkap Kasi Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten, Nur Tjahjono, Selasa (8/9).

Penerapan SSB terlihat ketika SMAN 1 Karanganom, SMK Muhammadiyah 2 Klaten, dan SMKN 1 Tulung terlibat dalam simulasi peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana di halaman Pendopo Pemkab Klaten, Selasa (8/9).

“Mereka memiliki spesifikiasi masing-masing. Multi talenta untuk menanggulangi bencana di sekolah. Mulai dari pendirian tenda, kemampuan jalur evakuasi, berkomunikasi saat darurat, manejemen kontijensi di sekolah,” jelas Nur.

Ditambahkannya, program penanggulangan berbasis sekolah itu merupakan tindak lanjut dari Perbup Klaten No 6/2014 tentang kurikulum kebencanaan bagi murid PAUD hingga SLTA.

“Untuk tahun depan kita akan menyasar Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dari sekitar 140 sekolah, kami targetkan 70 SSB. Sedangkan bagi TK/PAUD, sudah kita sediakan Taman EWS (Eling Lan Waspada),” tambahnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge